Inilah Beberapa Fakta Seputar Manchester United

Bagi penggemar sepakbola, pastinya memiliki klub sepakbola yang menjadi idolanya. Berbicara tentang klub sepakbola Inggris, pastinya nama Manchester United yang akan teringat pertama kali. Hal ini lantaran klub besar yang satu ini merupakan klub tersukses karena telah mengantongi 20 gelar Liga Inggris dan 3 Liga Champions. Selain itu, klub dari tanah Ratu Elizabeth ini juga digadang-gadang merupakan klub terkaya di dunia. Sehingga tak heran jika klub ini selalu diisi pemain top dunia, seperti Cristiano Ronaldo, david Beckham, Eric Cantona, hingga Zlatan Ibrahimovic.

Terlepas dari hal-hal tersebut, banyak fakta-fakta menarik MU yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Namun mungkin bagi Anda yang selalu update berita olahraga terkait MU bisa saja juga mengetahuinya secara detail. Nah, jika mengaku fans berat klub sepakbola MU, maka fakta seputar MU berikut ini perlu Anda ketahui:


1. Baru tiga kali dilatih oleh manager yang berasal dari luar Britania Raya.
Ditilik dari sejarah, Manchester United hingga kini sudah dilatih oleh 22 orang manager. Mayoritas manager MU ini berasal dari Britania Raya. Beberapa dinatranya 6 orang berasal dari Skotlandia, yaitu Sir Alex Fergusson dan David Moyes. Sedangkan untuk Ryan Giggs berasal dari Wales. Dari semua manager yang pernaj melatih MU, baru pernah 2 orang yang berasal dari luar Britania Raya.

2. Pernah menggunakan stadion kandang milik Manchester City sebagai stadion utama selama 4 musim.
Saat terjadi Perang Dunia II pada tahun 1940, stadion kandang Manchester United mengalami kacau balau. Hal ini karena letak stadion MU yang dekat dengan kawasan industri Trafford Park sehingga menjadikan stadionnya sasaran pengeboman Hittler. Saat kondisi stadion mereka yang hancur lebur, Manchester City menawarkan bantuan kepada MU yang merupakan rivalnya untuk berbagi kandang stadion bersama sembari menunggu pemulihan bangunan stadion MU.

3. Menjadi klub Inggris pertama yang menjuarai Liga Champions.
Sebelum berganti nama menjadi Champions League, dulunya ajang kompetisi tertinggi klub sepakbola di Eropa ini bernama European Cup. Meskipun Liverpool adalah klub Inggris tersukses pada ajang ini karena pernah menyabet 5 gelar, namun MU menjadi yang cukup dikenang karena menjadi klub Inggris pertama yang memenangkan juara dalam ajang ini.

4. Klub Inggris pertama yang pernah mencetak 1000 gol di kandang sendiri.
Di bawah kepemimpinan pelatih Louis Van Gaal, MU tampil buruk pada musim 2015-2016. Namun pada musim tersebut juga MU mampu mencetak rekor Liga Inggris, yaitu berupa kemenangan melawan Everton dengan skor 1-0 dan menjadikan klub ini pencetak 1000 gol di kandang sendiri dengan bantuan Anthony Martial. Dari berbagai berita olahraga sepakbola, dalam Liga Inggris Manchester United merupakan klub yang paling banyak mencetak gol.

Komentar

Postingan Populer