Seputar Google Panda dan pembahasannya

Belum lama Matt Cutts menjelaskan seputar Google Panda dan pembahasannya di blog pribadi serta akun Twitternya. Matt Cutts memang sudah tidak asing lagi dikalangan blogger dan webmaster karena kerapkali muncul dengan pernyataan-pernyataannya yang berkenaan dengan update-update terbaru seputar algoritma Google. Siapakah Matt Cutts dan mengapa namanya sangat membahana di dunia maya?. 

Matt Cutts adalah merupakan salah satu orang terbaik yang dimiliki oleh Google search engine. Mengawali karir di Google Search Engine sebagai software engineer untuk pengembangan algoritma Google di awal tahun 2000 lalu dan sekarang menjabat sebagai Ketua Tim Webspam Google.

Melalu blog pribadinya, yaitu http://www.mattcutts.com/blog/, Matt Cutts belum lama menjelaskan seputar Google Panda dan pembahasannya. Salah satu berita yang paling menghebohkan di tahun ini dan terutama paling ditakutkan oleh sebagian besar peserta Kontes SEO karena banyaknya blog-blog serta situs yang telah menjadi korban "amukan" Panda (termasuk spektrumdunia.blogspot.com, blog saya sendiri ☺).

Matt Cutts memang selalu memberikan berita-berita fresh yang membahas perkembangan terbaru dari Google yang kemudian disebar melalui berbagai media massa serta situs-situs jejaring sosial di Internet seperti Twitter, Facebook dan juga blog pribadinya.

Lalu apa itu Google Panda?
Google Panda adalah algoritma baru Google yang diluncurkan pada Februari 2011 lalu yang berfungsi sebagai filter perankingan suatu blog atau situs pada top Google index (Seo on page).Google Panda cenderung bekerja dalam menjaring tingkat orisinalitas konten dan backlink pada suatu blog atau situs.
Berawal dari laporan Cnet dan juga melalui blog pribadi Matt Cutts, beberapa pemasang iklan (advertiser) di Google yang mengeluh tentang menurunnya tingkat SERP (Search Engine Result Page) dari situs-situs mereka dalam pengindeks Google dibanding dengan situs-situs dan blog-blog baru. Hal ini tentu saja membawa dampak merugikan bagi mereka selaku advertiser. Hal inilah yang menindak lanjuti dari penyempurnaan Google Panda hingga pada saat ini.

Lalu bagaimana cara kerja Google Panda?
Algoritma Google Panda membaca grafik serta tingkat kewajaran perkembangan suatu blog atau situs. Sebuah situs atau blog baru dengan optimasi yang berlebihan serta konten yang tidak orisinil merupakan salah satu target utama dari Google Panda ini. Pertumbuhan backlink yang tidak wajar akan memperlihatkan grafik yang tidak beraturan seperti halnya orang yang sedang menari, hal inilah yang kemudian menyebabkan Google Panda juga disebut "Google Dance" oleh sebagian master seo. 
Vonis yang diberikan Google Panda adalah berupa menghilangnya halaman tersebut dalam indeks Google. "Hilang" yang dimaksud bukan benar-benar hilang, akan tetapi akan disembunyikan dari halaman depan indeks Google ( bisa jadi ada artikel tersebut berada dihalaman 1000, 10.000 atau lebih). Namun halaman tersebut akan kembali apabila telah mengikuti kaidah-kaidah serta ketentuan yang berlaku saat terkena sanksi Google Panda.

Matt Cutts dan sumber terpercaya seperti Wikipedia menyebutkan bahwa Google Panda adalah sekumpulan Algoritma Google yang dibuat dengan kecerdasan buatan (artificial intelligen) dengan tingkat kerumitan yang sangat tinggi dan telah teruji mampu menyaring situs atau web sesuai dengan tingkat kualitas situs, desain, tingkat kepercayaan situs, kecepatan dan faktor pendukung lainnya untuk dapat SERP di halaman Index Google. Sedangkan Google Pagerank (PR) tidak lagi menjadi ukuran ( tidak lagi terlalu menjadi hal yang terlalu mempengaruhi).

Komentar

Postingan Populer