RGE Bersama Asian Agri Kembangkan Peternakan Lebah Madu

FFA atau Fire Free Alliance didirikan oleh Raja Garuda Emas Group sebagai wadah bagi para sukarelawan yang peduli pada masalah lingkungan hidup, terutama pencegahan kebakaran hutan yang pada tahun lalu cukup meresahkan negara kita. Lahan-lahan hutan dan perkebunan terbakar, asapnya pun mencemari lingkungan dan menimbulkan penyakit di kalangan masyarakat.

Berbagai perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan, kehutanan, LSM, dan lembaga lainnya yang peduli pada masalah ini ikut berpartisipasi, bermitra bersama FFA guna menyelesaikan masalah tersebut. Mencari solusi dengan melibatkan masyarakat setempat.

Program intensif ini berhasil menjangkau hingga 218 desa di seluruh Indonesia. 77 di antaranya bahkan mendaftarkan sendiri desanya tersebut. Menurut APRIL, perusahaan yang sebelumnya telah meluncurkan program Desa Bebas Api bersama perusahaan lainnya dari Raja Garuda Emas Group milik Sukanto Tanoto lainnya bahwa partisipasi FFA 756% lebih banyak dibanding partisipasi pada saat program Desa Bebas Api tersebut. 50% - 90% kebakaran pun mampu dikurangi FFA.



Asian Agri yang juga turut mendukung dan bergabung dengan FFA, memiliki komitmen dan harapann agar jumlah partisipasi desa dalam program Desa Bebas Api juga bisa terus ditingkatkan. Dari 9 desa di tahun 2016, bisa menjadi 15 desa di tahun ini.

Dalam program DBA, Asian Agri berperan dalam penguatan ekonomi masyarakat. Potensi yang ada pada desa tersebut digali dan dikembangkan. Contohnya pada proyek peternakan lebah madu Desa Segati-Riau. Proyek percontohan yang terus dikembangkan ini dilakukan untuk melakukan pengujian pasar dengan label Desa Bebas Api hasil produksi rumahan warga sekitar.
Kepada RiauGreen.com, Direktur Asian Agri – Freddy Widjaya Direktur Asian Agri, mengatakan jika masyarakat desa diberi penyuluhan-penyuluhan mengenai dampak kebakaran dank abut asap. Diharapkan, dengan penyuluhan ini, tingkat kesadaran masyarakat pun meningkat. Sehingga, system penanganan yang focus pada upaya pencegahan pun bisa diwujudkan.

Ia pun menambahkan, "Para anggota tim penanganan kebakaran yang tergabung dalam program DBA mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Balai Pendidikan dan Latihan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau.".

Tim Manggala Agni Provinsi Riau bersama Badan Koordinasi Penyuluhan Provinsi Riau, keduanya juga turut serta dalam penyuluhan ini. Mulai dari pemberian materi hingga pelatihan teknisnya.

Asian Agri, baik secara formal maupun informal terus melakukan pendekatan kepada masyarakat desa dan sekitar perkebunan perusahaannya, serta para petani binaannya untuk mencapai tujuan tersebut secara bersama-sama demi kecintaan terhadap Indonesia. Memantau kondisi desa serta lingkungan sekitarnya agar kebakaran dapat dicegah.

Postingan Populer