Terjadi Lagi, iPad Mendadak Terbakar di Sebuah Gerai Apple

Sering sekali smartphone besutan Apple ini mengalami masalah terhadap baterai, entah baterai yang terlalu panas hingga terbakar mendadak atau pun meledak secara mendadak pula. Sama seperti kasus yang baru saja terjadi pada sebuah gerai,  sebuah iPad yang dipajang di Apple Store mengalami masalah baterai panas (overheating) hingga mengeluarkan semburan api. Pegawai Apple Store buru-buru menenggelamkan iPad tersebut ke sebuah wadah berisi pasir. Hal ini terjadi di Apple Store Leidseplein, Amsterdam, Belanda. Polisi dan pemadam kebakaran pun datang untuk mengevakuasi insiden tersebut. Meski kebakaran iPad di Apple Store itu skalanya tak membahayakan, tetapi tetap ada korban. 

 Hasil gambar untuk apple store

Tiga pengunjung Apple Store harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami masalah pernapasan ringan. Insiden ini pertama kali dilaporkan via Twitter, lantas mengundang perhatian media setempat. Viral di internet, alhasil informasinya meluas dan menjadi pembicaraan ramai. Pasalnya, masalah baterai panas hingga menimbulkan kebakaran sudah beberapa kali terjadi di Apple Store sepanjang tahun ini. Kejadian di Swis agak serius, di mana satu orang menderita luka bakar ringan dan enam lainnya dirawat karena masalah pernapasan. Bedanya, kala itu penyebabnya adalah baterai iPhone, bukan iPad.

Seperti kebanyakan vendor, Apple menggunakan baterai litihium-ion yang bisa diisi kembali dayanya. Lithium-ion terkenal dengan ukurannya yang mungil dan mampu menyimpan banyak energi. Namun, baterai lithium-ion memang rentan terbakar jika lapisan komponennya yang tipis menyentuh elektrolit yang sensitif dan mudah terbakar ketika panas. Situasi seperti ini dipicu kesahalan produksi, cacat desain, atau kesialan belaka.

Komentar

Postingan Populer